WELCOME TO MY BLOG

SELAMAT DATANG DAN SEMOGA MEMBERI MANFAAT

The Beautiful Sceneries

Rabu, 28 Mei 2014

Penilain Portofolio

A.    Pengertian Portofolio
Secara etimologi, portofolio berasal dari dua kata, yaitu port (singkatan dari report) yang berarti laporan dan folio yang berarti penuh atau lengkap. Secara terminology, Portofolio adalah kumpulan karya siswa yang disusun secara sistematis dan terorganisir sebagai hasil dari usaha pembelajaran yang telah dilakukannya dalam kurun waktu tertentu. Melalui hasil karya tersebut guru dapat melihat perkembangan kemampuan siswa baik dalam aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) maupun keterampilan (psikomotorik)sebagai bahan penilaian. Hasil karya yang dihasilkan bisa hasil karya yang dikerjakan di dalam kelas atau bisa juga hasil kerja siswa yang dilakukan di luar kelas. Hasil karya siswa itu kemudian dinamakan evidence, melalui evidence inilah siswa dapat mendemonstrasikan unjuk kerja kepada orang lain baik tentang pengetahuan, sikap maupun keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Penilaian portofolio pada dasarnya adalah menilai karya-karya peserta didik berkaitan dengan mata pelajaran tertentu. Semua tugas yang dikerjakan peserta didik dikumpulkan, dan diakhir satu unit program pembelajaran diberikan penilaian. Dalam menilai dilakukan diskusi antara peserta didik dan guru menentukan skornya.

B.     Manfaat Dan Karakteristik Penilaian Portofolio
Adapun manfaat penilaian portofolio  diantaranya adalah :
1.      Penilaian portofolio dapat memberikan gambaran yang utuh tentang perkembangan kemampuan siswa.
2.      Penilaian portofolio merupakan penilaian yang autentik.
3.      Penilaian portofolio merupakan teknik penilaian yang dapat mendorong siswa pada pencapaian hasil yang lebih baik dan dapat belajar secara optimal tanpa merasa tertekan.
4.      Penilaian portofolio dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penilaian portofolio dapat mendorong orang tua siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran siswa.

Adapun juga beberapa karakteristik Portofolio, yaitu:
  1. Merupakan hasil karya siswa yang berisi kemajuan dan penyelesaian tugas-tugas secara terus menerus (continue) dalam usaha pencapaian kompetensi pembelajaran.
  2. Mengukur setiap prestasi siwa secara individual dan menyadar perbedaan diatara siswa.
  3. Merupakan suatu pendekatan kerjasama.
  4. Mempunyai tujuan untuk menilai diri sendiri.
  5. Memperbaiki dan mengupayakan prestasi.
  6. Adanya keterkaitan antara penilaian dan pembelajaran.
C.Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Portofolio
Sebagai suatu teknik penilaian portofolio memiliki kelebihan, diantaranya:
1.    Penilaian portofolio dapat menilai kemampuan siswa secara menyeluruh.
2.    Penilaian portoolio apat menjamin akuntabilitas.
3.    Penilian portofolio merupakan penilaian yang bersifat individual.
4.    Penilaian portofolio merupakan peniain yang terbuka.
5.    Penilaian portofolio bersifat self-evaluation.

Di samping kelebihan, penilaian portofolio juga memiliki kelemahan, diantaranya:
1.       Penilaian portofolio memerlukan waktu dan kerja keras
2.       Penilaian portofolio memerlukan perubahan cara pandang.
3.       Penilaian potofolio memerlukan perubahan gaya belajar.
4.       Penilaian portofolio memerlukan sistem pembelajaran.

D.    Prosedur Pelaksanaan Portofolio
1.      Menentukan tujuan portofolio
Tahapan pertama dalam pelaksanaan penilaian portofolio adalah merumuskan tujuan yang ingin dicapai. Dengan tujuan yang jelas dan terarah, akan memudahkan guru untuk mengelola pembelajaran. Penentuan tujuan portofolio akan sangat membantu dalam menentukan evidence siswa dan bagaimana proses evidence itu diperoleh sebagai bukti bahwa siswa telah mencapai suatu kompetensi sesuai dengan rumusan kurikulum.
2.      Penentuan isi portofolio
Isi dan bahan portofolio merupakan tahapan selanjutnya setelah menentukan tujuan. Isi dalam portofolio harus dapat menggambarkan perkembangan kemampuan siswa yang sesuai dengan standar kompetensi seperti yang dirumuskan dalam kurikulum. Misalkan apabila tujuan penggunaan portofolio adalah kemampuan anak dalam membuat sebuah karangan, maka isi portofolio adalah perkembangan kemampuan anak mulai dari mengembangkan ide atau gagasan, menentukan tema, menyusun kalimat, menyusun paragraph dan seterusnya hingga penyusunan karangan secara utuh.
3.      Menentukan kriteria dan format penilaian.
Kriteria penilaian ditentukan dalam dua aspek pokok, yaitu kriteria untuk proses belajar dan kriteria untuk hasil belajar. Proses belajar misalnya ditentukan kriteria penilaian dari aspek kesungguhan menyelesaikan tugas, motivasi belajar, ketepatan waktu penyelesaian, dan lain sebagainya. Sedangkan kriteria dilihat dari hasil belajar disesuaikan dengan isi yang menggambakan kompetensi.
4.      Pengamatan dan penentuan bahan portofolio
Bahan portofolio biasanya hanya memuat evidence yang dianggap dapat mewakili dan menggambarkan suatu perkembangan dan perubahan yang terjadi. Oleh karena itu, sebelum ditentukan evidence mana yang dianggap dapat dimasukkan ke dalam portofolio, terlebih dahulu perlu dilakukan pengamatan.
5.      Menyusun dokumen portofolio
Manakala bahan-bahan portofolio telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah menyusun bahan itu dalam dokumen portofolio, misalnya dalam bentuk folder. Folder itu sendiri, perlu dilengkapi identitas siswa, mata pelajaran, daftar isi dokumen, dan isi dokumen beserta komentar-komentar baik dari guru maupun orang tua.

Source: http://zudi-pranata.blogspot.com/2014/01/sistem-evaluasi-penilaian-portofolio.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar