WELCOME TO MY BLOG

SELAMAT DATANG DAN SEMOGA MEMBERI MANFAAT

The Beautiful Sceneries

Senin, 12 Mei 2014

PENDEKATAN ILMIAH


Dalam kurikulum 2013 pendekatan ilmiah (scientific approach)  menjadi syarat dalam proses pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru. Banyak variasi langkah-langkah yang dilakukan dalam pendekatan ilmiah ini. Namun untuk tingkat SMP/MTs menurut Edi Marwan dari widiyaiswara LPMP Propinsi Riau dalam workshop kurikulum 2013 yang di taja oleh MTs Muhammadiyah 02 dan Erlangga (10/05) beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa sesuai dengan permendikbud no 81A 2013 yang digunakan adalah pendekatan Ilmiah dengan lima langkah yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan
Agar lebih akrab dengan pendekatan ilmiah tersebut maka berikut ini akan saya coba menjelaskan secara singkat dari kelima langkah kegiatan tentang bagaimana pelaksanaan pendekatan ilmiah ini di dalam pembelajaran yang disebut dengan kegaitan belajar.
  1. Mengamati yaitu dengan cara Membaca dan atau mendengar dan atau menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat).
  2. Menanya yaitu ketika melakukan kegiatan mengamati tentu banyak hal yang tidak bisa ditemukan jawabannya oleh siswa maka untuk mendapatkan informasi tambahan siswa difasilitasi untuk bertanya kepada sesama siswa atau ke pada guru atau guru yang memberi pertanyaan kepada siswa. 
  3. Mengumpulkan Informasi yaitu siswa melakukan salah satu atau beberapa kegaiatan di bawah ini dalam rangka untuk menambah informasi lebih banyak lagi karena kalau hanya melalui kegiatan melihat dan menanya saja  tentu informasi yang didapat masih sangat terbatas. Kegiatan ini tentu lebih banyak dilakukan di luar kelas.
         Cara mengumpulkan informasi antara lain sebagai berikut :
a.      melakukan eksperimen
b.      membaca sumber lain selain buku teks
c.       mengamati objek/ kejadian
d.      aktivitas
e.      wawancara dengan nara sumber 

4. Mengasosiasi atau melanar. Asosiasi dalam bahasa inggris adalah associate yang bermakna sama dengan join (menggabungkan) atau connect (menghubungkan). Jadi langkah ke empat ini siswa berusaha menyimpulkan secara cermat tentang materi yang sedang dipelajarinya tersebut dengan cara menghubungkan dan menggabungkan segala informasi yang didapatnya dalam kegiatan belajar dari langkah pertama sampai langka ke tiga tersebut di atas. Tentu masing-masing siswa atau kelompok siswa tidak tertutup kemungkinan berbeda dalam mengasosiasikan informasi yang di dapatnya. Inilah tugas guru nantinya untuk meluruskannya.
  
5. Mengkomunikasikan yaitu menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya di depan siswa lainnya.

Dari penjelasan ini kita lihat bahwa pembelajaran adalah berpusat kepada siswa (student centered) bukan berpusat kepada guru (teacher centered). Ini berbarti guru adalah sebagai fasilitator, mediator, motivator dan terakhir baru controler yang memberikan penjelasan mana kesimpulan yang benar dan yang salah dari informasi yang disampaikan siswa agar konsep yang diterima siswa benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar